Mengenal Simbol-Simbol Yahudi

Hallo pembaca yang budiman, salam sejahtera bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke laman blog ini. Semoga pembaca mendapatkan informasi yang dicari.


Kali ini saya ingin menulis tentang simbol-simbol Yahudi yang sebenarnya banyak kita lihat di keseharian kita, namun sering kali kita tidak menyadarinya. Namun sebelum lebih lanjut kita berbincang tentang simbol-simbol perlu rasanya kita ketahui terlebih dahulu, apa itu yahudi? Apa itu Israel? Lalu bagaimana dengan istilah Zionis yang tidak kalah sering pula kita bersama dengar? ..

Jadi jelas berbeda diantara ketiganya.. Maka berhati2lah disaat menghujat apa yang dilakukan Israel terhadap Palestina, siapa sebenarnya yang kita hujat, siapa sebenarnya yang menjadi actor jahat disana.

Yahudi adalah keyakinan yang dibawa oleh Moses (Nabi Musa as).

Bani Israel berasal dari 2 kata Bani dan Israel (Israil dalam bahasa arab). Bani memiliki makna keturunan dan Israil adalah sebutan atau nama lain dari Nabi Yakub as yang memiliki 12 anak. Secara harfiah arab Israil adalah Hamba Allah.

Kemudian Zionis adalah perkumpulan beberapa kaum Yahudi di Perancis yang merancang Deklarasi Balfour. Deklarasi tersebut yang melahirkan Negara Israel pada tahun 1948 di tanah Palestina dengan bantuan dari Inggris.

Jelas sudah perbedaan dari ketiganya, Yahudi dan Israel pada dasarnya masih memiliki muatan positif, namun Zionis yang membawa kaum Yahudi menjauh dari ajaran agamanya. 

Dan kami berikan kepada Musa Kitab (Taurat) dan kami jadikan kitab Taurat itu pentunjuk bagi Bani Israel (dengan firman): "Janganlah kamu mengambil penolong selain Aku, (QS Al-Israa' [17]:2)  

Ok kita lanjut kepada judul yakni tentang simbol. Berikut adalah simbol dan penjelasan tentang simbol tersebut.
  
1            Menorah
         Menorah adalah lilin berjumlah 7 yang terbuat dari emas. Menorah sendiri dibuat atas perintah Tuhan--menurut Alkitab: 

Haruskah engkau membuat Kandil dari emas murni; dari emas tempaan Kandil itu harus dibuat, baik kakinya baik batangnya; kelopaknya-- dengan tombolnya dan kembangnya-- haruslah seiras dengan kandil itu. (Kitab Keluaran pasal 25:31-40)  

Di Indonesia sendiri terdapat Menara Menorah, yakni didaerah Sulawesi Utara di kaki gunung Klabat Kabupaten Minahasa Utara. Menara tersebut memiliki tinggi 19 meter dan merupakan Menara Menorah tertinggi di dunia, lebih tinggi dari menara Menorah yang ada di depan gedung dewan Knesset Israel.

Sebuah rekonstruksi Menorah yang ada dalam Bait Allah, dibuat oleh Temple Institute.


Gambar yang diambil di Microsoft Word. Caranya: Insert-Clip art. Coba aja cari gambar yg seperti ini, insya allah ada. Pun dengan Menorah dalam wujud lain pun ada.

2.    Star David
Symbol bintang di atas dinamakan Star David atau Bintang Nabi Daud. Symbol ini mudah dikenali karena digunakan oleh kerajaan Israel dalam bendera Resminya.

Penggunaan symbol Star David pada bendera Negara mereka bukanlah sekedar symbol semata. Namun memiliki arti keberanian Negara sesuai dengan Raja Terdahulu Bani Israel yaitu Nabi Daud. Sebenarnya tujuan awal penggunaan symbol Star David adalah untuk melambangkan identitas Yahudi bangsa Israel. Masyarakat yahudi amat terkenal dengan sikap ingin menonjolkan identitas yahudi mereka, maka dari itu dipakailah star david sebagai symbol Negara Israel.
Bintang Daud dalam salinan lengkap yang masih ada teks Masoret, Codex Leningrad, dari tahun 1008

Bentuk Star David adalah gabungan dari dua buah segitiga yang bersilang antara saru sama lain. Kombinasi dua bentuk segitiga ini membentuk heksagram (geometri 6 sudut). Dalam kepercayaan Yahudi, 6 sudut berasal dari tiga sudut yang mewakili Tuhan, Israel, dan Torah (Taurat).

Seiring berkembangnya waktu Star David banyak digunakan dalam upacara Penyembahan setan.


Gambar dengan bintang berwujud kepala kambing jantan dan dikelilingi huruf Hebrew.




Musisi Indonesia menggunakan Bintang David dalam aksi panggungnya. 




Salib terbalik diartikan sebagai anti Christ atau Dajjal.




 

Pentagon yang arsitek bangunannya merujuk dari Star David dan dipublikasikan oleh “Public eye” (lihat symbol mata satu dan piramidnya)

Sangat banyak simbol-simbol Yahudi memang. Kita perlahan untuk mengenal dan memahaminya. Agar sy atau teman muslimin sekalian dapat mewaspadai simbolisasi-simbolisasi yang dilancarkan oleh Zionis berikut propaganda-propagandanya. 

Demi bintang ketika terbenam, kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak pula keliru, dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Quran) menurut hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya), yang diajarkan kepadanya oleh (Jibril) yang sangat kuat, yang mempunyai akal yang cerdas; dan (Jibril itu) menampakkan diri dengan rupa yang asli. (QS An-Najm [53]:1-6)  

Akan dilanjutkan pada arikel selanjutnya untuk simbol simbol Yahudi berikut organisasi-organisasinya. 
Sekian, semoga bermanfaat ^^ 

Komentar

Postingan Populer