Daftar Istilah Biologi

Hallo .. Salam sejahtera pembaca yang budiman. Kali ini saya ingin menulis beberapa istilah yang pernah dipelajari dulu semasa Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Sekolah Menengah Atas (SMA). Istilah yang biasa menyulitkan sih tentang Biologi kalo ga Kimia, atau Fisika juga. Karena memang istilahnya banyak, saya akan secara berkala menambahkan istilah-istilahnya. ok deh langsung aja yah ^^

Saluran Gelung :
Pada Vertebrata. Tiga saluran berbentuk setengah lingkaran yang masing-masing terletak tegak lurus satu sama lain dan menempel pada labirin atas. Saluran ini berkaitan dengan indra keseimbangan, dan dapat mendeteksi setiap gerak membelok dan berputar organisme yang bersangkutan.

Kelenjar Endokrin :
Pada vertebrata. Suatu kelenjar yang mensekresi suatu hormon. Kelenjar tidak mempunyai saluran, hormon yang dihasilkannya berdifusi masuk ke dalam aliran darah.

Hormon :
Suatu zat organik yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin atas dalam jumlah sangat sedikit. Oleh aliran darah hormon dibawa ke bagian tubuh yang memerlukannya. Tanaman juga menghasilkan hormon dalam jumlah yang sangat sedikit dan pengangkutannya diatur oleh sel-sel tanaman itu sendiri.

Adrenalin :
Suatu Hormon atas yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal. Beberapa invertebrata juga menghasilkan adrenalin. Adrenalin mempunyai pengaruh :
-  Mempercepat denyut jantung
-  Memperbesar pembuluh darah otot, jantung, dan otak.
-  Memperkecil pembuluh yanga ada pada kulit dan visera
-  Memperbesar pupil mata
-  Membuat rambut berdiri
-  Memperbanyak keringat
-  Mempercepat perubahan glikogen menjadi glukosa. Rangsangan bagi sistem saraf adalah rasa marah, takut, atau sakit. Jadi jika kita dalam keadaan bahaya, maka rasa takut kita akan merangsang sistem saraf otonom yang selanjutnya akan merangsang kelenjar adrenal dan membuat tubuh siap melepaskan diri dari bahaya.

Kelenjar Pituitari, hipofisa :
Suatu kelenjar endokrin yang terdapat di dasar/pangkal otak. Kelenjar ini memproduksi beberapa hormon atas yang mempengaruhi kerja beberapa kelenjar endokrin lainnya. Kelenjar pituitari adalah kelenjar endokrin paling penting yang langsung dikendalikan oleh sistem saraf pusat.

Baru segini dulu yah daftar istilahnya. Nanti dilanjutkan lagi secara berkala ^^

sumber : Buku "Kamus Sains Bergambar", penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2000. 

Komentar

Postingan Populer